Lima Transfer Terheboh di Dunia Sepak Bola Tahun 2018

Lima Transfer Terheboh di Dunia Sepak Bola Tahun 2018

Bursa transfer pemain selalu menjadi perbincangan hangat bagi pecinta bola saat rehat musim kompetisi. Seringkali banyak hal yang tak terduga terjadi pada masa-masa ini. Tahun 2018 menghadirkan banyak kejutan bagi pecinta bola dunia. Perhatian tertuju pada striker Real Madrid, Cristiano Ronaldo yang memutuskan untuk pindah setelah membersamai Real Madrid sejak 2009.

Tidak hanya Cristian Ronaldo yang membuat keputusan menghebohkan dunia sepak bola, ada beberapa pemain yang juga mencuri perhatian publik pada masa transfer di tahun 2018. Kontroversi hingga angka transfer yang mencengangkan menjadi alasan mereka mendapat perhatian lebih dari pengamat maupun pecinta bola dunia. Di antaranya ada Malcom dan Leonardo Bonucci.

Kepindahan Malcom dari Bordeux ke Barcelona

Dengan mahar 40 juta Euro, Barcelona berhasil menikung AS Roma dan mendapatkan Malcom dari Bordeaux. Hal ini tentunya membuat gempar dunia sepak bola. Pasalnya, Roma telah memberi pengumuman bahwa Malcom akan bergabung dengan liga Italia jauh-jauh hari. Bahkan Roma sudah mengatur tes medis untuk Malcom. Sayangnya, Barca memberi penawaran lebih besar dan Malcom akhirnya merumput di Liga Spanyol.

Namun, harga transfer yang malah ternyata tak memberi hasil yang sepadan. Sejak bersama Barcelona, pemain muda ini belum mampu menembus tim utama. Ernesto Valverde lebih sering menaruh Malcom di bangku cadangan daripada memainkannya di lapangan hijau. Ousmane Dembele dan Rafinha masih menjadi pilihan utama sang pelatih untuk mengisi sektor sayap.

Kembalinya Leonardo Bonucci pada Juventus

Kembali ke Juventus menjadi pilihan Leonardo Bonucci setelah semusim merumput di AC Milan. Kembalinya Bonucci ke Turin menepis kabar perselisihannya dang Allegri yang santer terdengar saat kepindahan Bonucci ke AC Milan, setahun sebelumnya. Demi mengembalikan Bonucci ke line up-nya, Juventus tak mengeluarkan dana besar. Namun, harus merelakan Mattia Caldara serta meminjamkan Gonzalo Higuain selama semusin dengan opsi permanen di akhir musim 2018-2019.

Philippe Coutinho Merumput di Barcelona

Memutuskan menerima pinangan Barcelona dan pergi dari Liverpool, menjadi pilihan Philippe Coutinho pada bursa transfer musim dingin. Dengan mahar 130 juta Euro, Barcelona berhasil meminang punggawa Timnas Brasil tersebut. Angka transfer tersebut membuat Coutinho menjadi pemain termahal ketiga di dunia sepak bola. Ia hanya kalah dari Kylian Mbappe dan Nyemar, duo PSG yang mendapat predikat pemain dunia termahal saat ini.

Hengkangnya Coutinho tentunya membuat banyak pendukung Liverpool sedih, sebab Coutinho telah pemain kunci di beberapa musim terakhir. Permainannya yang memukau serta kerjasama epic dengan Sadio Mane, Mohamed Salah dan Roberto Firmino di lini depan The Reds, menjadi alasan para suporter menyayangkan kepergian pemain satu ini.

Hari-hari Baru Kepa Arrizabalaga di Real Madrid

Kehilangan Thibaut Courtois yang memilih pergi ke Real Madrid di hari-hari terakhir bursa transfer Premier Leagua, membuat Chelsea harus segera mencari penggantinya. Pilihan jatuh pada mantan punggawa Timnas Spanyol U-19 yaitu Kepa Arrizabalaga. Perlu pengorbanan besar dari Chelsea untuk mendapatkanĀ  kiper muda yang semula milik Athletic Bilbao tersebut. Dengan angka 80 juta Euro, akhirnya Chelsea berhasil mendapatkan Arrizabalaga.

Mahar sebesar itu membuat Arrizabalaga berhasil merebut gelar pejaga gawang termahal di dunia sepak bola dari Alisson Becker yang didatangkan Liverpool dari Roma beberapa pekan sebelumnya dengan mahar 63 juta Euro. Apakah hasilnya sepadan bagi Chelsea menggelontorkan dana sebesar itu untuk Arrizabalaga? Anda lihat saja nanti.

Cristian Ronaldo di Liga Serie A

Transfer menghebohkan yang terakhir adalah kepindahan Ronaldo dari Real Madrid ke Juventus. Ronaldo menjadi pesepak bola paling dibicarakan musim panas lalu, setelah dirinya memutuskan untuk hengkang dari Real Madrid dan menerima pinangan Juventus. Kedatangan CR7 ke Liga Serie A tentunya mendapat sambutan meriah dari berbagai pihak di Liga Italia. Ronaldo diharapkan dapat membangkitkan sepak bola Italia yang tengah lesu.

Untuk mahar yang diberikan Juventus pada Real Madrid, angkanya dapat dikatakan spektakuler untuk ukuran pemain yang sudah berumur 30-an. Mahar 100 juta Euro harus Juventus bayarkan demi mendapatkan CR7 ke klub mereka. Ini adalah angka tertinggi yang harus dibayarkan sebuah klub untuk pemain yang usianya lebih dari 30 tahun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *