Tiga Klub Besar yang Kuasai La Liga Spanyol

Tiga Klub Besar yang Kuasai La Liga Spanyol

Bagi Anda pecinta olahraga sepak bola, La Liga mungkin sudah tidak asing lagi di telinga Anda. Salah satu Liga Sepak Bola Profesional di benua Eropa ini menempati posisi dua dalam liga sepak bola Eropa yang paling banyak ditonton pada tahun 2018. Jadi, sudah dapat ditebak bagaimana gandrungnya pecinta bola pada Primera Division (Divisi Utama Spanyol) ini.

Diselenggarakan secara tahunan, La Liga diikuti oleh 20 klub sepak bola profesional Spanyol. Dengan sistem klasemen, di mana tiga klub dengan nilai terendah di akhir musim akan dilempar ke Segunda Division (Divisi Dua) dan posisinya akan digantikan dua klub teratas di Divisi Dua dan satu pemenang playoff.

Tiga Klub Juara La Liga Terbanyak

Setidaknya, ada 60 tim yang pernah ikut serta dalam La Liga. Namun, hanya sembilan klub yang pernah menjuarai liga divisi utama Spanyol ini. Tim-tim tersebut adalah Real Madrid dengan 33 kali kemenangan, disusul FC Barcelona dengan 25 kali, berikutnya Atlentico Madrid dengan 10 kali kemenangan, kemudian ada Atlentico Bilbao, Valencia, Real Sociedad, Real Betis, Deportivo La Coruna dan Sevilla.

Real Madrid, dari namanya saja sudah dapat diduga kalau klub satu ini bermarkas di Madrid, Spanyol. Tim berjulukan Los Blancos ini berdiri pada 6 Maret 1902. Klub satu ini merupakan klub terkaya di dunia dalam hal pendapatan, dengan omset tahunan sebesar €3,3-€513. Real Madrid sendiri adalah satu dari tiga tim yang tidak pernah terdegradasi dari papan atas sepak bola Spanyol.

Berikutnya, ada Futbol Club Barcelona, atau yang dikenal Barcelona/Barca. Barcelona merupakan klub sepak bola profesional yang bermarkas di Barcelona, Catalunya, Spanyol. Klub terkaya kedua di dunia ini, berdiri pada 29 November 1899, didirikan oleh sekelompok pemain, Swiss, Inggris, dan Catalan yang dipimpin oleh Joan Gamper. Barca pertama kali masuk ke divisi utama pada 1928 dan semenjak itu tak pernah terdegradasi ke divisi dua.

Selanjutnya, ada juara 10 kali La Liga, Atlentico de Madrid. Atlentico bermarkas di kota yang sama dengan Real Madrid dan merupakan rival sejati tetangganya tersebut. Pertemuan mereka di lapangan rumput dikenal dengan Derbi Madrid. Atlentico didirikan oleh pelajar dan mahasiswa dari Basque Country yang merantau ke Madrid pada tanggal 26 April 1903.

Pemain Terbaik La Liga

Sebagai salah satu Liga besar benua biru, La Liga memiliki banyak pemain bintang yang bermain di dalamnya. Sebut saja Lionel Messi, Cristiano Ronaldo, Hugo Sanchez, Edmundo Suarez, dan banyak lagi. Lalu siapa saja pemain terbaik di liga ini, berikut lima pemain dengan performa terbaik semasa merumput di La Liga:

  1. Lionel Messi

Pemain Barcelona satu ini memang seringkali disebut sebagai pemain terbaik La Liga bahkan dunia. Sejak bergabung dengan Barcelona di tahun 2004, Messi sudah mengoleksi setidaknya tiga gelar top scorer. Nama pemain bergelar La Pulga ini semakin harum kala Barca ditangani Pep Guardiola dan hingga kini masih menjadi pemain andalan Barca.

  1. Cristiano Ronaldo

Saat masih merumput di Real Madrid pada 2009, pemain satu ini menjadi rival tangguh bagi Messi. Ronaldo bak robot pencetak gol yang menyabik gawang lawan dengan tendangannya. Performanya memang dianggap menurun akhir-akhir ini, tapi Ronaldo telah mencatatkan namanya sebagai pencetak gol terbanyak kedua di bawah Messi di La Liga.

  1. Telmo Zarra

Zarra bermain untuk Athletic Club mulai 1940 sampai 1955, torehan 251 gol dalam 277 pertandingan membuat pemain satu ini menjadi legenda sepak bola Spanyol. Rekornya bertahan selama 60 tahun sebelumnya akhirnya Messi dan Ronaldo muncul dan memaksa Zarra berada di posisi tiga top scorer La Liga.

Stadion-stadion Terbesar di Spanyol

Selain memiliki klub-klub sepak bola yang kuat, Spanyol juga memiliki puluhan stadion bola mulai dari yang mutakhir hingga yang sederhana tapi bersahaja. Berbagai macam stadion dapat Anda temukan di La Liga. Stadion yang sakral bagi empunya, tapi mengintimidasi lawan. Bahkan jika Anda mengunjungi Spanyol, Anda dapat mengikuti tur kunjungan ke stadion-stadion yang merupakan markas klub sepak bola di sana.

Pertama ada Stadion Camp Nou merupakan stadion terbesar di Spayol. Dengan kapasitas 98.787 kursi penonton, markas Barcelona ini menjadi stadion terbesar kedua di dunia. Selanjutnya, ada markas Real Madrid, Stadion Santiago Bernabeu yang berkapasitas 85.454 penonton. Lokasinya berada di Madrid, Spanyol dan didirikan pada tahu 1947. Nah, berikutnya, mari berkunjung ke Estadio Mestalla yang merupakan markas Valencia FC. Kapasitasnya 55.000 penonton.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *