cat mobil

Cat Mobil Kamu Retak ? Ini cara mengatasinya! РBagi kamu yang memiliki mobil pasti pernah mengalami kejadian seperti catnya yang rusak, tergores bahkan retak. Hal-hal tersebut bisa saja terjadi karena kurangnya perawatan atau terjadi dengan ketidaksengajaan. Tentu hal ini membuat tampilan mobil kamu menjadi tidak menarik lagi  dan tidak enak dipandang mata. Tak hanya itu, mobil yang tergores dapat menimbulkan dampak bagi bodi mobil. Kali ini bikeshowbcn akan memberikan tips bagaimana cara mengatasi cat mobil yang rusak.

Gunakan Kompon Putih Untuk Cat Mobil yang Retak Ringan

Sebelum melakukan perbaikan terhadap bagian permukaaan yang retak, sebaiknya bersihkan seluruh permukaan mobil hingga ke bagian yang retak. Kamu bisa menggunakan scrub untuk membersihkannya. Lalu, gunakan sikat dan gosoklah cata yang retak hingga menghilang.

Bila permukaan mobil kamu yang retak catnya masih dapat dikategorikan rusak ringan, kamu dapat menggunakan kompon putih. Untuk mengaplikasikannya sebaiknya gunakan kain yang lembut. Lalu diamkan sejenak hingga olesan kompon menyatu dengan bagian cat lainnya dan bersihkan dengan kain bersih permukaaan yang sudah diberi kompon itu. Agar hasilnya lebih maksimal gunakan pelindung cat mobil. Kompon putih bisa didapatkan di spare part atau bengkel. Metode yang satu ini dapat juga kamu lakukan seorang diri tanpa harus ke bengkel.

Gunakan Pasta Gigi

Ternyata pasta gigi juga bisa membuat cat permukaan mobil yag retak menjadi terlihat mulus. Cukup siapkan kain lembut, air dan wadah untuk menuangkan pasta gigi. Lalu tuangkan sedikit air dan gosok secara perlahan. Dan yang terakhir bilas bagian yang terkena goresan dengan air bersih dan liat hasilnya.

Gunakan Cat Oles atau Touch Up Paint Pen Untuk Cat Mobil yang Retak Lebih besar

Apabila terjadi retak yang lebih besar, sekalian kamu juga harus mengecek rompal pada bagian bodi. Bukan seperti goresan biasa yang hanya bisa dipoles maupun diampelas. Dalam hal ini kamu juga wajib mengetahui bahwa cat mobil bukan hanya seolah memperbaiki penampilan mobil saja. Namun juga digunakan untuk melindungi lapisan logam yang ada dibawahnya yang dipengaruhi oleh keadaan cuaca. Apabila logam terkena kelembapan yang terlalu lama maka akan terbentuk karat atau proses oksidasi. Untuk itu sebaiknya gunakan cat oles. Setelah mengaplikasikan cat oles tersebut, bersihkan kembali area yang diolesi cat oles.

Gunakanlah Warna Cat yang Senada

Apabila cat mobil kamu sudah retak parah hingga mengelupas sampai dempulnya kelihatan, sebaiknya lakukan pengecatan. Gunakan warna cata yang warnanya senada dengan permukaan mobil. Agar coveragenya terlihat lebih bagus. Setelah diolesi dengan cat yang senada, gunakan kembali kompon yang berwarna kuning. Dan lap kembali agar warnanya sama dengan warna bodi mobil.

Aplikasikan Cat

Nah, untuk penggunaan cat sebaiknya tidak terlalu berlebihan. Cat digunakan apabila permukaannya sudah benar-benar kering. Kemudian aplikasikan cat kebagian yang retak. Biasanya memakan waktu hingga satu jam agar cat yang diaplikasikan dapat cepat kering. Untuk memastikan cat sudah kering atau belum, cukup menyetuh dengan pelan saja. Apabila masih lnegket berarti cat belum kering. Apabila sudah kering, aplikasikanlah lapisan lilin. Kemudian bersihkan kembali bagian yang sudah di cat dan sudah dilapisi lilin dan liatlah hasilnya. Pastikan juga kamu harus rutin melakukan perawatan atau service mobil kamu untuk tetap menjaga keawetan cat mobil kamu.

Sekian beberapa tips cara mengatasi cat mobil yang rusak. Semoga informasi diatas dapat kamu jadikan referensi untuk membantu kamu menyelesaikan masalah cat mobil yang rusak.

 

 

 

By Febiola

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *