Jenis Truk yang Digunakan Pebisnis – Beragam jenis moda transportasi dan kendaraan yang ada di dunia ini. Tentu semua tipe dan jenisnya yang berbeda-beda memiliki tujuan dan fungsi yang berbeda pula. Seperti halnya dengan kendaraan truk. Truk merupakan kendaraan yang mampu mengangkut barang atau muatan dengan ukurannya yang lebih besar daripada mobil angkutan penumpang biasa. Tentu truk tidak bisa lepas dari sektor bisnis maupun usaha.  Sebuah armada truk akan menjadi kunci keberlangsungan bisnis maupun usaha. Hal tersebut dikarenakan truk sendiri yang mampu mengangkut barang-barang produksi dalam porsi yang besar agar proses bisnisnya dapat berlangsung dengan baik.

Dengan daya muatan yang besar tersebut tentu memiliki tenaga yang lebih besar pula. Maka tidak heran kalau  truk rata-rata menggunakan mesin diesel. Di Indonesia sendiri sudah memiliki berbagai jenis macam truk yang digunakan sesuai dengan kebutuhan yang ada. Mari cek satu per satu jenis-jenis truk apa saja yang digunakan oleh para pebisnis? Simak informasinya!

Jenis Truk Pick-up

Pasti kamu sudah familiar dengan truk jenis ini. Ya pick up menjadi mobil yang masuk ke dalam golongan truk. Pick up yang merupakan kendaraan jenis truk ringan dengan kabin tertutup namun dengan bak terbuka dibelakang. Bak terbuka dibelakanglah yang menjadi muatan untuk membawa barang bawaan. Biasanya pick up digunakan untuk memindahkan dan mengantarkan barang dengan rute yang tidak terlalu jauh dan resiko kerusakan lebih rendah.

Jenis Truk

Pick up biasanya digunakan untuk keperluan niaga. Memiliki jumlah sumbu sebanyak 2 dan roda berjumlah 4. Untuk kapasitas muatannya sebesar 1.5 ton dengan volume maksimal 1 CBM

Colt Diesel Double

Colt Diesel atau yang sering disebut dengan light duty truck.  Kapasitas muatan Colt Dieswl Double ini berkisar 6 ton. Untuk engkelnya sendiri, Colt Diesel Double memiliki 4 ban yang biasa digunakan di jalan normal.

Jenis Truk

Pada umumnya truk jenis ini sangat cocok untuk mengangkut hasil pertambangan seperti tambang pasir, hasil perkebunan dan lain sebagainya.

Jenis Truk Tronton

Truk tronton yang terdiri dari 3 sumbu roda yang letaknya berdekatan dengan sumbu roda belakang. Jumlah roda yang dimiliki truk ini berjumlah 6 hingga 10 roda. Sedangkan konfigurasi bannya yaitu 1.1, 2.2, 2.2. Pada dasarnya hal ini jumlah roda menentukan besarnya kapasitas muatan yang dimiliki truk itu. Maka singkatnya, semakin banyak roda yang dimiliki maka semakin besar pula muatan truk tersebut.

Jenis Truk

Tidak main-main juga bahwa truk tronton membutuhkan pengemudi yang paham akan track kondisi jalanan. Pebisnis espedisi dan usaha dibidang sektor lainnya menjadikan tronton sebagai slaah satu truk yang paling banyak disukai.

Trintin

Jenis truk yang selanjutnya adalah trintin. Truk yang memiliki kapasitas muatan hingga 20 ton ini menjadi salah satu pengangkut barang dengan jumlah yang besar. Memiliki 3 sumbu roda yang mana sumbu tengahnya dilengkapi dengan mekanisme power steering dengan FWS (Four Wheel Steering).

Jenis Truk

Dengan begitu, artinya truk ini memiliki 4 roda yang bisa dibelokkan yang letaknya di sumbu roda depan dan tengah. Sedangkan untuk konfigurasi bannya yaitu 1.1, 1.1, 2.2 dengan kapasitas muatan hingga 20 ton.

Trinton

Angkutan berat yang satu ini merupakan gabungan dari truk tronton dan trintin. Memiliki 4 sumbu roda. Truk ini memilki jumlah roda sebanyak 12 buah dengan 8 buah terdapat dibagian belakang yang ditopang oleh 2 sumbu atau poros. Jenis Truk

Sedangkan untuk konfigurasi bannya yaitu 1.1, 1.1, 2.2, 2,2. Perkiraan bobot angkut mencapai 30 ton.

Itulah beberapa jenis truk apa saja yang digunakan para pebisnis dan menarik untuk kamu pahami. Semoga bermanfaat!

By Febiola

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *