Mobil Jepang atau Korea

Mobil Jepang atau Korea? Yuk, Intip Bedanya! –  Saat ini, di Indonesia sendiri mobil menjadi salah sebuah kendaraan pribadi yang mayoritas banyak digunakan untuk menjalankan aktivitasnya. Tak heran berbagai jenis merek mobil kini dapat ditemui di jalan raya.  Salah produsen mobil yang target pasarnya sendiri adalah Indonesia adalah Jepang dan Korea. Tidak heran kedua produsen mobil ini telah merambah di Indonesia, bahkan mendominasi pasar otomotif mobil Indonesia. Harga yang lebih terjangkau dengan kualitas yang baik membuat konsumen tertarik untuk membeli mobil buatan negeri sakura dan negeri ginseng ini. Namun masih ada konsumen yang kerap sekali bingung ketika membeli mobil buatan Jepang atau mobil Korea. Tentu kedua produsen ini memiliki keunggulan dan fungsi di bagiannya masing-masing sesuai dengan kebutuhan konsumen. Nah, agar tidak kebingungan, simak informasi perbedaan mobil buatan Jepang dan Korea berikut ini.

Suku Cadang

Tahukah kamu, suku cadang merupakan komponen yang sangat penting pada setiap mobil. Suku cadang digunakan ketika terdapat komponen pada mobil yang mengalami kerusakan sehingga dapat diajukan penggantian. Di Indonesia sendiri mobil Jepang sudah lama beredar di Indonesia sehingga ketersediaan suku cadangnya lebih mudah didapat dan hargaya lebih murah dibanding mobil Korea. Namun kelemahanya akan lebih rentang adanya produk tiruan maupun produk palsu. Yang man produk palsu ini akan mempengaruhi daya tahan produk. Sedangkan suku cadang mobil buatan Korea harganya cukup mahal, namun kualitasnya juga dapat dipastikan asli.

Perbedaan Desain Mobil

Dilihat dari segi perbedaan desainnya, mobil buatan Korea didesain dengan mempertimbangkan selera desain mobil Eropa yang desainnya tidak tanggung-tanggug. Kini desain mobil korea lebih sporty dana elegan. Seperti halnya Hyundai dengan konsep desain Fluidic Sculpture yang memberikan kesan gahar pada bagian depan dan belakang mobil. Sedangkan mobil buatan Jepang pada umumnya memiliki desain dengan material yang seadanya sehingga bila ingin melakukan spareparts akan sangat mudah. Yang menjadi sorotan juga, bodi mobil yang mudah keropos dan spareparts yang diklaim kurang bermutu sehingga dinilai dapat bertahan hingga tiga tahun.

Service Center

Tidak kalah jauh dengan ketersediaan suku cadang, ketersediaan service center Jepang lebih banyak beredar dibanding dengan Korea. Bahkan hampir disetiap daerah di  Indonesia.  Ketersediaan service center Jepang di Indonesia sendiri memang membawa keunggulan tersendiri bagi konsumen. Sedangkan produk buatan Korea ini ketersediaan service centernya secara umum ada di kota-kota besar saja. Hal ini juga dapat dijadikan sebagai pertimbangan yang dengan matang untuk dipikirkan.

Penggunaan Bahan Bakar

Bila dilihat dari segi penggunaan bahan bakar Jepang diklaim irit. Produsen mobil ini pada umumnya menghadirkan teknologi yang membuat konsumsi bahan bakar yang hemat. Seperti melakukan evolusi mesin yang berarti memaksimalkan pembakaran agar lebih efisien serta melakukan analisa kembali komponen mesin yang digunakan. Selain itu produesn Jepang menciptakan idle stop yang mana kendaraan otomatis berhenti saat menekan pedal rem sehingga mengurangi bobot keluarga energi.

Tidak kalah dengan produsen mobil Korea yang akhir-akhir ini juga mengeluarkan produk dengan efisiensi bahan bakar yang irit. Mengembangkan mesin dan transimisi generasi terbaru serta memperluas line-up kendaraan ramah lingkungan.

Sudah tahukan bagaimana perbedaan mobil Jepang dan mobil Korea. Balik lagi ke masing-masing orangnya, mobil manakah yang menjadi kebutuhan dan keinginannya serta kemampuan daya beli yang berbeda-beda. Semoga informasi ini dapat menjadi referensi kamu untuk menentukan mobil yang sesuai dengan selera kamu.

By Febiola

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *