mobil lawas

Mobil Lawas Era 80 dan 90-an yang Eksis Hingga Saat Ini – Dunia otomotif saat ini sudah mengalami perkembangan yang semakin pesat. Di tanah air sendiri rata-rata penjualan setiap tahunnya mencapai jutaan unit mobil. Tak heran model dan teknologi yang dihasilkan juga semakin bervariasi membuat peminatnya semakin bertambah. Namun siapa sangka, mobil yang diproduksi terdahulu kala ini seperti mobil era 80-an, 90-an, masih tetap eksis hingga saat ini loh. Dapat dikatakan peminat mobil-mobil legendaris tidak kalah dengan peminat mobil baru.

Beragam alasan yang ditemui mulai dari desain yang dihadirkan mobil lawas tak lekang waktu, mobil tersebut tidak diproduksi lagi hingga membuat harga jualnya melambung tinggi. Kali ini bikeshowbcn akan mencoba merangkum beberapa mobil – mobil lawas era 80 dan 90 an yang masih eksis hingga saat ini.

Mobil Lawas Toyota Corolla DX

Toyota Corolla DX jenis sedan yang satu ini dapat dikatakan menjadi salah satu mobil idaman di masanya. Terutama di era 80-an hingga 90-an. Tampilan eksterior Toyota ini lebih klasik kayaknya khas 80-an. Bagian depannya memiliki bumper kotak dengan kaca spion yang terletak di dekat cup mesin. Dan bagian belakangnya juga memiliki tampilan klasik dengan stop lamp yang berbentuk kotak. Mobil yang di produksi sekita tahun 80-an ini memiliki fitur standar seperti AC, kabin, hingga fitur audio.

Mobil lawas

Bagian kursi memilki 2 baris kursi dengan kapasitas daya tamping hingga 5 orang. Mobil lawas yang satu ini dilengkapi dengan mesin bertipe 4K karburator dengan 1,3 liter 4 silinder segaris 8 katup OHV. Kapasitas mesinnya 1300 cc dan mampu mengeluarkan tenaga maksimal hingga mencapai 62 HP. Untuk harganya sendiri berkisar Rp 18 juta hingga Rp. 35 juga tergantung kepada kondisi mobil tersebut.

Mobil Lawas BMW E30

Mobil lawas yang masih tetap eksis hingga saat ini adalah BMW E30. BMW E30 dikenal sebagai mobil sedan yang sangat mewah di masanya. Terbukti dengan desainnya yang didominasi dengan garis tegas dan minim lengkungan khas mobil buatan 80-an.  Yang membuat BMW E30 ini begitu dipandan karena memadukan desain modern dan retro yang mana hal tersebut sangatlah menarik. Salah satu ciri khas sedan retro tahun 80-an demikian juga lampu yang diterapkan pada BMW E30 ini. . Selain itu konsumsi bahan bakarnya juga terbilang irit karena sudah dibekali dengan sistem injeksi. Untuk harga jual BMW E30 saat ini sekitar Rp.50 jutaan hingga Rp 100 jutaan tergantung kepada kondisinya.

mobil lawas

Memiliki mesin dengan kapasitas 1.8 liter bertipe M10B18 4 silinder segaris dengan sistem injekasi L Jetronic katup 8 SOHC.  BMW E30 ini memiliki tenaga hingga 105 HP pada putaran 5800 RPM.  Kelebihan khusus BMW E30 dibanding dengan mobil lainnya adalah handlingnya. Memiliki handling yang sporty dan sangat nyaman membuat pengemudinya lupa bahwa ia sedang mengendarai mobil sedan tua ini.

Toyota Land Cruiser VX/80 Series

Mobil yang diperkenalkan pada era tahun 90-an ini masih tetap eksis di dunia otomotif. Bahkan, harga jualnya sampai Rp 350 jutaan. Toyota Land Cruiser menjadi salah satu SUV mewah dan paling populer di kelasnya. Ditinjau dari segi eksteriornya memiliki panjang keseluruhan 4.8 meter. Bodi dan ground clearance yang tinggi dan plat mobil yang sangat tebal menggambarkan Land Cruiser ini sanagt tangguh. Mobil lawas ini dikenal sebagai mobil yang mampu melahap segala kondisi medan hingga menerjang genangan air. Karena mobil yang diproduksi pada era 90-an sehingga desain interiornya juga disesuaikan dengan model 90-an. Dibekali dengan Head Unit Double-din mengarah ke pengemudi.

mobil lawas

Fitur-fitur yang dihadirkan pada mobil ini juga sudah lengkap seperti ABS, dual airbags, hingga pendingin di konsol box. Kenyamanan berkendara menggunakan mobil ini didukung dengan joknya yang empuk dan berkualitas.

Itulah beberapa mobil-mobil lawas era 80-an dan 90-an yang tetap eksis hingga saat ini. Wah menarik ya. Sudah tua namun tetap banyak yang minat. Gimana nih, kamu tertarik untuk memboyongnya?

By Febiola

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *