mobil ngebul

Mobil Ngebul, Ini Gejala yang Wajib Diwaspadai. – Secara umum hasil pembakaran mesin akan menghasilkan gas buang yaitu gas yang keluar dari knalpot. Gas buang yang keluar dari knalpot itu normalnya tidak berwarna. Nah pada kasus mobil ngebul umumnya gas tersebut akan terlihat berwarna putih dan hitam pekat. Warna asap yang keluar dari knalpot seperti inilah dapat dijadikan sebagai indikator mobil yang mengalami masalah mobil ngebul. Biasanya masalah seperti ini sering ditemui di mobil yang kondisinya sudah tua, namun tak menutup kemungkinan juga buat mobil yang masih baru. Untuk kasus mobil yang masih baru kondisi ini dapat terjadi karena minimnya perawatan dan cerobohnya pengendara menggunakan mobil dapat menjadi pemicu terjadinya mobil ngebul ini.

Kondisi ini tentu tidak wajar dan bisa saja mengindikasikan adanya kerusakan pada komponen mesin bagian dalam. Oleh karena itu bikeshowbcn akan berbagi fakta-fakta penyebab mobil ngebul yang patut kamu waspadai.

1. Mobil Ngebul Asap Knalpot Berwarna Hitam

Asap knalpot berwarna mengindikasikan bahwa terjadi masalah pada sistem pembakaran dalam mesin.  Hal ini dapat terjadi karena bahan bakar di ruang pembakaran terlalu banyak shingga sirkulasinya tidak lancar menyebabkan pembakaran tidak sempurna. Selain itu, asap knalpot yang berwarna hitam dapat saja terjadi karena injector, karburator atau mesin mengalami kebocoran kompresi.

2. Mobil Ngebul Akibat Seal Katup Rusak Berujung Kebocoran Oli

Fungsi dari seal katup adalah mencegah oli masuk ke ruang pembakaran. Sehingga untuk kasus knalpot yang mengeluarkan asap putih disebabkan oleh oli bocor yang mengalir ke ruang pembakaran dan ikut terbakar.

Dengan kata lain asap putih terbentuk akibat hasil pembakaran oli. Hal ini disebabkan oleh ausnya silinder mesin atau seal katup maupun gasket yang bocor. Faktor usia mobil yang sudah tua biasanya sangat mempengaruhi terjadinya asap putih ini. Selain itu, gejala lain kebocoran oli ke ruang pembakaran yang bisa dikenali seperti mesin yang susah distater pada pagi hari.

Nah, untuk mengantisipasi kebocoran ini terjadinya hal ini lakukanlah perawatan ring piston dengan oli standard secara berkala. Perawatan ruang pembakaran dan piston dapat dikatakan perawatan mesin secara menyeluruh. Sebaiknya lakukan perawatan setiap 6 bulan sekali.

3. Turbocharger yang Bocor

Turbocharger biasanya komponen yang terdapat di mesin diesel seperti truk dan mobil-mobil besar lainnya. Komponen yang satu ini berfungsi untuk sangat penting bagi mesin diesel karena mampu menghasilkan power sangat besar dan gahar.

Komponen ini di dukung oleh pelumas dalam sistem kerjanya. Suhunya yang sanagt panas dan adanyanya gesekan-gesekan membuat turbocharger mengalami kebocoran. Pelumas yang tadinya menjadi bagian proses kerja turbocharger masuk mengalir ke ruang bakar.

4. Bahan Bakar Berlebih

Penyebab lain mobil ngebul adalah bahan bakar yang terlalu banyak dalam proses pembakaran. Bila terjadi perpaduan yang tepat dan seimbang sehingga sirkulasi udara dan bahan bakar akan menghasillkan power yang maksimal. Namun, bila hal sebaliknya terjadi maka akan menyebabkan asap yang terus menerus dari knalpot mobil. Situasi seperti ini akan mengakibatkan munculnya asap berwarna putih pada mobil dengan mesin diesel akibat konsumsi solar yang berlebih. Sedangkan untuk mobil dengan bensin akan muncul asap berwarna hitam.

5. Pompa Bahan Bakar yang Bermasalah

Pompa bahan bakar atau fuel pump yang bermasalah biasanya terjadi karena konsumsi bahan bakar yang boros dan pembakaran yang tidak maksimal. Sehingga muncul asap berwarna hitam disertai dengan penurunan tenaga yang sangat drastis. Penurunan tenaga ini menyebabkan pengemudi harus menekan lebih dalam pedal gas.

Lantas Bagaimana Mengatasi Kerusakan ini?

Tentu kondisi diatas bila dibiarkan secara terus menerus akan mengakibatkan kerusakan pada komponen lainnya. Pahami kondisinya segeralah pergi ke bengkel dan lakukan pemeriksaan.  Bila gejala diatas belum kamu temui di mobil kamu ada baiknya lakukan perawatan secara berkala untuk menjaga kondisi mobil tetap terjaga.

 

 

 

By Febiola

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *