rem blong

Rem Mobil Blong? Ternyata Ini Penyebabnya! –¬† Kondisi rem mobil yang tidak terawat akan menyebabkan sebagian komponen pada mobil tidak berjalan dengan optimal. Sama halnya dengan kondisi mobil rem blong. Kondisi mobil rem blong tentu sangat akan membahayakan nyawa pengemudi dan keselamatan penumpang lain. Jelas diketahui tanpa adanya sebuah rem maka mobil tidak bisa dikendalikan dan akan berpotensi menyebabkan kecelakaan.

Lantas Apa Penyebab Kondisi Ini?

Dikutip dari berbagai sumber penyebab rem mobil blong umumnya disebabkan oleh berbagai macam faktor mulai dari minyak rem yang habis, tersumbat hingga piston yang rusak.  Salah satu faktor penyebab kondisi ini biasanya terjadi karena masuknya udara pada sistem pengereman sehingga menyebabkan munculnya uap air. Uap air ini dihasilkan dari proses oksidasi yang mengganggu proses pengereman, sehingga semakin lama uap air ini akan membuat minyak rem panas. Bila kondisi minyak rem sudah panas maka akan mengakibatkan fungsinya tidak optimal bahkan akan menyebabkan gangguan hebat pada pengereman mobil.

Faktor lain penyebab kondisi ini adalah sil piston master aus. Sil piston master aus biasanya dikarenakan oleh faktor usia. Kualitas minyak rem yang sudah tidak bagus karena terkontaminasi akibat terlalu sering membuka tutup tabung minyak. Dalam beberapa kasus juga, kebiasaan menginjak pedal rem dalam jangka waktu yang sangat panjang akan menyebabkan rem mobil blong. Gaya gesek yang terus menerus dihasilkan akan tersimpan di kaliper rem sehingga menyebabkan panas.

Dengan demikian segeralah lakukan perawatan secara berkala terutama pada bagian sistem pengereman seperti kanvas, piston dan lain sebagainya. Namun, meski saja sudah dilakukan perawatan musibah rem blong dapat saja terjadi tiba-tiba. Nah oleh sebab itu penting dan wajib memperhatikan tips berikut ini ketika menghadapi masalah rem blong.

Bagaimana Menghadapi Masalah Rem Blong?

1. Turunkan Gigi Secara Bertahap

Pada umumnya rem blong biasanya terjadi saat kendaraan melaju dalam kecepatan yang sangat tinggi. Sebaiknya segera menurunkan gigi secara bertahap. Putaran RPM (Rotasi Per Menit) ketika menurunkan gigi akan tinggi. Tidak pelu khawatir dengan kondisi ini. Kondisi ini tidak akan menjadi masalah selama menurunkan gigi secara bertahap.

2. Gunakan Rem Tangan

Sembari melakukan pengereman mesin, sebiknya imbangi dengan rem tangan. Dengan melakukan rem tangan dipercaya efektif  untuk menurunkan kecepatan. Sebagai tipsnya sebaiknya turunkan gigi terlebih dahulu untuk memanfaatkan rem tangan agar tidak terjadi ban terselip yang dapat saja membuat mobil terbalik.

3. Hindari Mematikan Mesin dan Menginak Pedal Gas

Saat mobil sudah mengalami rem blong jangan sampai mematikan mesinnya. Hal ini justru akan membuat pengemudi sulit mengendalikan laju kendaraan. Bila masih memungkinkan menepilah dengan memastikan lampu hazard atau kampu tanda darurat mobil sudah menyala. Hindari untuk menginjak pedal gas yang mana hal ini akan menambahkan kecepatan laju kendaraan dan akan semakin sulit untuk dikendalikan.

4. Guncangkan Pedal Rem dan Benturkanlah Kendaraan

Biasanya kasus rem blong dalapat saja terjadi karena kesalahan pada sistem. Untuk tispnya guncangkan pedal rem secara perlahan untuk memastikan sistemnya dapat berjalan dengan normal kembali. Bila kondisi rem blong sudah sulit untuk dikendalikan maka usaha terakhir yang dapat dilakukan adalah menabrakkan mobil ke sesuatu benda. Disarankan untuk membenturkan mobil ke area lumpur, pasir, hingga pagar kayu yang besifat lunak agar aman ketika dibenturkan.

Itulah beberapa penyebab rem mobil blong dan tips menghadapi ketika terjadi rem blong. Untuk meminimalisir terjadinya hal itu lakukanlah servis secara berkala untuk memastikan semua komponen mobil berfungsi dengan optimal. Semoga bermanfaat.

By Febiola

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *