Tips Aman Mengemudi

Tips Aman Mengemudi Jarak Jauh, Wajib Diketahui!- Melakukan perjalanan jarak jauh menggunakan mobil pastinya menimbulkan rasa bosan bahkan jenuh karena aktivitasnya yang monoton yaitu hanya menyetir saja. Perjalanan jauh tentu memiliki risiko yang besar bagi keselamatan penumpang, hingga kondisi kendaraan yang digunakan. Risiko seperti kerusakan kendaraan mendadak hingga tindak kriminalitas yang bisa saja terjadi membuat kamu sebagai pengendara harus tetap waspada. Nah buat kamu yang akan melakukan perjalanan jauh menggunakan mobil, ada beberapa tips aman mengemudi selama melakukan perjalanan yang dapat kamu tahu dan lakukan.

Cek Kondisi Kendaraan

Tips aman mengemudi yang yang pertama adalah mengecek kondisi kendaraan kamu. Pastikan setiap komponen seperti ban, mesin hingga dinamo berfungsi dengan baik. Hal ini tentunya berguna untuk meminimalisir terjadinya kerusakan komponen kendaraan saat melakukan perjalanan. Bila kamu merasa ragu dan merasa terdapat hal yang tidak wajar pada kendaraan, sebaiknya segera bawa ke bengkel untuk memastikan kondisinya.

Sediakan Bekal Makanan dan Minum Air yang Cukup

Menyediakan bekal makanan yang sehat selama perjalanan menjadi salah satu poin penting.  Tips ini juga dapat menghindarkan kamu untuk mengkonsumsi makan cepat saji di pinggir jalan. Apalagi bila kamu menyusuri daerah sepi penduduk dan tidak ada yang menjual makanan maupun minuman disaat kondisi genting kelaparan. Tentunya dengan menyedikan bekal akan mencegah terjadinya hal ini.

Konsumsilah banyak air mineral untuk menghindari tubuh kamu dehidrasi saat menyetir sehingga sirkulasi ke otak dapat lancar dan kamu tetap fokus mengemudi. Kunyahlah permen karet secara berulang-ulang untuk mencegah ngantuk.

Atur Posisi Tubuh Senyaman Mungkin

Aturlah posisi tubuh saat menyetir senyaman mungkin. Sebagai masukan untuk mengatur posisi tubuh dapat dimulai dengan mengatur ketinggian kemudi dan posisikan tangan di angka 9 dan 3 dengan genggaman yang santai. Jarak antara pengemudi dan dada sekitar 30-40 cm dengan tujuan untuk menyesuaikan dengan jarak airbag. Dengan jarak tersebut secara natural akan memposisikan sudut tangan untuk memiliki kekuatan memutar kemudi.

Sedangkan posisi badan harus tegak dan menempel kepada sandaran jok dan kepala tegak sejajar dengan punggung. Posisi kaki kanan berada pada pedal rem dan akselerator dan kaki kiri siaga untuk menginjak pedal kopling. Apabila semua sudah digabungkan akan menciptakan posisi mengemudi yang benar baik untuk jarak dekat atau jauh.

Menempuh perjalanan jarak jauh memang membuat pengemudi tidak lepas dari kata mengantuk.  Jika dalam posisi tersebut kamu merasa mengantuk sebaiknya beristirahat sejenak alih-alih untuk menyegarkan badan.

Pahami Rutenya

Tips aman mengemudi selanjutnya adalah memahami rute perjalanan. Bila ingin melakukan perjalanan ke tempat yang belum pernah didatangi sebelumnya, maka kamu harus mempelajari rute yang hendak dituju dengan seksama. Tentu hal ini akan mencegah agar kamu tidak tersesat. Selain itu dengan kamu paham memahami rutenya akan menghemat waktu perjalanan. Bila perlu ajaklah teman atau kerabat untuk menemani perjalanan kamu.

Persiapkan Bahan Bakar Cadangan

Menyediakan bahan bakar cadangan adalah sebuah langkah yang bijak untuk mengatasi berbagai macam hal yang darurat yang bisa saja terjadi di jalan.  Mengingat jumlah POM bensin yang tersebar dijalan disetiap tempat tidaklah sebanyak yang di kota. Alternatif ini juga dapat kamu gunakan saat mengalami kemacetan yang terlalu lama sehingga kehabisan bahan bakar.

Itulah beberapa tips aman mengemudi yang dapat kamu terapkan saat menempuh perjalanan jarak jauh. Semoga informasinya bermanfaat dan selamat melakukan perjalanan.

By Febiola

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *