tips memilih mobil

Tips Memilih Motor Bekas Agar Kamu Tidak Menyesal – Tentu saja di era saat ini motor menjadi salah satu moda transportasi yang sangat penting. Selain sangat praktis, dengan hadirnya motor akan mengantarkankan kamu ke tujuan kamu dengan cepat. Untuk daerah perkotaan motor menjadi pilihan yang sangat tepat untuk menghindari kondisi macet. Ukurannya sangat kecil membuat motor dapat selap selip di tengah kemacetan. Apabila ditiinjau dari segi biaya, motor relatif lebih murah dibanding dengan moda transportasi lainnya. Di Indonesia sendiri produsen motor sudah banyak dan beragam. Oleh sebab itu kamu tidak perlu lagi khawatir tentang model motor yang sesuai dengan selera kamu.

Tak dapat dipungkiri juga peminat motor bekas juga tidak kalah banyak dengan motor yang baru. Harganya yang lebih murah dan beragam menjadi incaran banyak kalangan. Tentu sebelum membelinya kamu harus mengidentifikasi beberapa kekurangan dan kelebihan motor tersebut. Tak jarang juga terdapat kasus seperti motor bekas yang baru dibeli sudah langsung masuk bengkel. Nah, sebelum kamu menjatuhkan pilihan kamu ke motor yang sesuai selera kamu, yuk simak tips jitu memilih motor bekas supaya nantinya kamu tidak menyesal.

Periksalah Kondisi Fisik Motor

Cara ini tentu menjadi bagian yang paling penting. Kamu harus lebih jeli mengidentifikasi dan memeriksa bagaimana keadaan fisik motor bekas yang ingin kamu beli. Seperti halnya mengecek kondisi mesin. Untuk mengecek mesinnya kamu dapat meminta penjual motor untuk menghidupkan mesinnya. Dengan melakukan cara ini kamu dapat memastikan apakah kondisi mesin dapat beroperasi dengan baik atau tidak. Selanjutnya periksa juga bodi motor apakah terdapat goresan atau penyok. Apabila kamu tidak paham tentang seluk beluk jual beli motor, alangkah lebih baik kamu mengajak teman kamu atau keluarga agar lebih mudah mengidentifikasi kondisi motor bekas yang akan kamu beli.

Periksalah Kelengkapan Surat Kendaraaan

Salah satu tips yang wajib kamu ketahui adalah kelengkapan surat kendaraan. Surat kendaraan merupakan bagian yang sangat krusial. Kamu harus memperhatikan surat seperti STNK dan BPKB. Hal ini tentu untuk memastikan apakah motor yang akan kamu beli adalah motor hasil curian atau tidak. Tentu motor yang hasil curian nantinya akan berdampak buruk bagi kamu kedepannya.

Periksalah Panel Indikator

Pastikan bahwa panel indikator seperti speedometer, indikator bahan bakar, bensin, indikator lampu berjalan dengan berfungsi dan berjalan dengan normal. Speedometer memiliki fungsi penting sebagai sumber informasi terkait kondisi motor dan kecepatan saat dikendarai.

Pastikan Kondisi Oli Motor

Tips selanjutnya adalah memastikan kondisi oli motor. Pastikanlah ukutan oli tidak berlebihan karena akan mengundang suara mesin menjadi lebih halus atau lebih berisik. Karena hal tersebut dapat menyembunyikan suara asli motor.

Cek Sistem Listrik

Tips selanjutnya yang dapat kamu jadikan referensi adalah mengecek kondisi sistem kelistrikannya. Komponen sistem kelistrikan seperti kampu sein, lampu belakang, lampu depan, lampu rem, klakson hingga lampu panel. Periksalah semua komponen tersebut apakah masih berjalan dengan baik atau tidak sama sekali.

Mintalah Untuk Melakukan Test Ride

Mintalah kepada penjual motor agar kamu melakukan test ride. Dengan melakukan tes ride kamu dapat langsung merasakan kenyamanan berkendara menggunakan motor yang akan kamu beli. Selain itu, kamu juga dapat merasakan langsung apakah motor memiliki kelainan atau tidak saat dikendarai.

Itu dia tadi tips memilih motor bekas yang bisa kamu jadikan sebagai referensi, agar kamu jangan sampai menyesal dengan pilihan kamu. Jadi jangan samapai asal beli ya!

By Febiola

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *