Tips Mengendarai Mobil

Tips Mengendarai Mobil yang Aman Bagi Wanita – Bepergian dengan kendaraan pribadi memang menjadi hal yang menyenangkan dibandingkan menggunakan kendaraan umum. Saat ini wanita yang mengendarai mobil sudah menjadi hal lumrah dilakukan. Namun, pernahkan kamu mendengar wanita yang mengendarai mobil lebih terkesan tegang dan super hati-hati saat berkendara. Hal demikian terjadi karena wanita cenderung memiliki pengetahuan yang kurang soal mengemudi dan berkendara.  Nah, buat kamu para wanita yang senang mengemudi, kamu dapat mengikuti tips mengendarai mobil yang aman, nyaman namun tetap easy going.

Atur Posisi Duduk Senyaman Mungkin dan Usahakan Tetap Fokus

Posisi duduk pastinya akan mempengaruhi kenyaman kamu selama mengendarai mobil. Posisi yang tepat akan membuat kamu lebih leluasa mengemudi dan nyaman selam melakukan perjalanan. Sebaiknya hindari posisi duduk yang condong ke belakang. Posisi duduk yang seperti ini akan menyebabkan kamu untuk kesulitan untuk menginjak pedal rem, gas dan kopling. Posisikan tubuh dengan tidak terlalu ke belakang dan tidak terlalu maju ke depan.

Usahakan tetap fokus dan berkonsentrasi ketika menyetir. Namun tetap peka terhadap kondisi di jalan raya dengantetap mematuhi setiap aturan lalu lintas. Bila kamu mengemudi tidak sendiri, mengobrollah seadanya  dengan penumpang lain. Hal ini dapat mencegah rasa kantuk kamu ketika sudah mulai lelah mengemudi. Namun bila sudah lelah sekali sebaiknya beristirahat sejenak sembari mengumpulkan energi dan konsentrasi kamu. Dan yang terakhir jangan sampai kamu panik ketika mengemudi. Ketika kamu panik maka kemampuan logika dan konsentrasi akan hilang.

Hindari Menggunakan Make-up  Saat Mengemudi

Memakai riasan maupun make-up menjadi hal yang penting bagi kaum wanita baik itu saat hendak beraktivitas. Ada kalanya seorang pengemudi wanita lebih mengutamakan kecantikannya saat mengemudi sehingga terkadang hilang konsentrasi saat mengemudi. Sering sekali ditemukan saat mengemudi melakukan dandan seperti menggunakan lipstik, maskara. Bahkan hingga mencuri waktu untuk bercermin sembari mengemudi. Pastinya fokus kamu akan terbagi dan cenderung akan membahayakan pengguna jalan yang lain hingga justru akan membahayakan nyawa kamu. Sebaiknya lakukan riasan apabila mobil sudah terparkir dengan baik.

Rapikan Setiap Peralatan Kamu

Pada umumnya kaum wanita memiliki barang bawaan yang relatif banyak. Beberapa barang bawaan seperti perintilan tas, gadget, set makeup, hingg laptop sering sekali terbentang begitu saja di jok samping pengemudi.  Bila terjadi pengereman bahkan benturan yang menyebabkan barang di samping jok pengemudi jatuh hingga terselip di antara jok dan konsol otomatis akan mengganggu fokus kamu mengemudi. Oleh sebab itu untuk merapikan setiap peralatan kamu terorganize dengan baik.

Gunakan GPS

Nah buat kamu para wanita pasti sering sekali tidak hafal jalan yang sedang kamu lalui. Apalagi statusnya masih sebagai pengemudi baru. Oleh sebab itu pasanglah GPS pada mobil kamu untuk menghindari risiko tersesat bahkan kehilangan jejak. Kamu  juga tidak perlu keluar mobil untuk menanyakan tujuan kamu apalagi bila saat kamu sendirian.

Lakukan Perawatan Kendaraan

Pada umumnya dalam hal melakukan perawatan kendaraan adalah hal yang sangat jarang dilakukan kaum wanita.  Kurangnya pengetahuan tentang dunia otomotif membuat wanita jarang memahami setiap komponen mobil yang ingin dirawat. Agar mobil kamu tetap bisa digunakan dengan baik, sebaiknya mengecek kondisinya seperti kondisi dan tekananan angin ban. Bila kamu merasakan ada kejanggalan segeralah bawa ke bengkel.

Nah, itu dia tips aman mengemudi bagi wanita. Semoga perjalanan kamu menyenangkan ya!

By Febiola

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *