tips perawatan mobil

Tips Perawatan Mobil Pasca Terendam Banjir. – Hujan lebat yang melanda berbagai daerah di Indonesia bahkan menyebabkan banjir hingga merendam berbagai rumah, mobil, bahkan hanyut terbawa arus air hingga menyebabkan banyak kerugian. Mobil yang terendam banjir bila dibiarkan terlalu lama dalam kondisi tersebut akan menyebabkan kerusakan yang semakin parah Biasanya akan muncul masalah-masalah akibat terkena banjir. Masalah seperti komponen elektrik pada mobil yang sangat rentan terkena air rusak bahkan tidak berfungsi lagi. Selain itu akan muncul karat maupun korosi pada bagian interior dan eksterior mobil. Endapan lumpur maupun kotoran terutama pada bagian yang sulit dijangkau tentunya akan menimbulkan bau yang tidak sedap.

Mobil yang terendam banjir, penanganan dan perawatan pasca terendam banjir tidak bisa sembarangan. Oleh karena itu bikeshowbcn.com akan membagikan tips perawatan mobil pasca banjir agar mobil kamu tetap layak digunakan.

Periksa Komponen Pengapian

Komponen seperti karburator, saringan udara, dan kabel-kabel lainnya sangatlah rawan rusak apabila terkena banjir. Lakukan pengecekan apakah setiap kabel-kabel masih bisa berfungsi dengan normal dan apakah terdapat gangguan lain. Apabila sampai melewatkan langkah ini dapat mengakibatkan mobil akan sering terkena mogok.

Nah, bila mobil menggunakan komponen ECU (Electronic Control Unit) yang mana komponen ini sangat sensitive dan berisiko rusak fatal bila terendam banjir. Maka, segeralah periksa ke bengkel resmi.

Jangan Menyalakan Mesin Mobil

Janganlah sekali-kali langsung menyalakan mesin mobil pasca terendam banjir. Hal ini sangalah berbahaya. Hal ini dapat menimbulkan korsleting hingga merusak komponen lain. Untuk memindahkan mobil ketempat yang lebih aman cukup lakukan dengan mendorong mobil saja.

Bersihkan Interior Mobil

Mengingat interior mobil sangatlah banyak maka akan diulas satu persatu. Untuk bagian lantai dan karpet mobil agar tidak berbau apek sebaiknya dilepaskan dan dibersihkan menggunakan sabun untuk menghilangkan kotoran sisa endapan lumpur. Sama halnya dengan bagian jok mobil yang wajib dibersihkan. Jangan sampai kotoran yang menempel akan menjadi jamur. Kemudian jemur hingga kering. Bila kamu ingin hasil yang ekstra, bawalah ke tempat khusus cuci interior mobil.

 

 

By Febiola

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *