transmisi mobil matic

Transmisi Mobil Matic Rusak? Pahami gejalanya! РSaat ini mobil dengan transmisi matic semakin banyak peminatnya. Mobil yang sangat simple, aman dan nyaman saat dikendarai menjadi alasan memilihnya. Apalagi dalam kondisi jalanan yang macet, tidak perlu lagi menahan kopling berlama-lama. Selain karena mengoperasikannya lebih mudah, tetap ingat perawatannya. Mobil yang paling bagus sekalipun, apabila tidak memperhatikan perawatannya pasti akan cepat rusak.  Namun kali ini bikeshowbcn akan mengulas ciri-ciri ataupun gejala transmisi mobil matic yang bermasalah. Pahami gejala ini agar kamu bisa segera mengambil tindakan sehingga kerusakannya tidak terlalu parah bila segera ditangani. Ciri-ciri ataupun gejala tersebut dapat kamu ketahui dari hal berikut ini.

Transmisi Mobil Matic Overheating

Saat berkendara apabila munculnya aroma oli terbakar, sebaiknya cek transmisinya, Keadaan seperti ini disebut dengan transmisi overheating. Keadaan ini berarti menunjukkan bahwa transmisi harus diberi pelumas. Penyebab overheating tidak lain yaitu berkurangnya volume pelumas baik karena bocor atau kotor. Yang mana fungsi pelumas ini untuk melancarkan pergerakan komponen serta menjaga stabilitas suhu komponen maupun bagian yang diberi pelumas.

Transmisi Mobil Matic yang Tersendat

Apabila saat berkendara kamu mengalami hal ini itu berarti terdapat gangguan pada mekanikal transmisi. Dan bila hal ini didiamkan maka akan semakin parah bahkan gigi transmisi bisa terkunci. Bianya kejadian seperti ini sering ditemukan pada mode transmisi mundur R.

Cairan Transmisi Bocor

Cairan oli transmisi matic digunakan sebagai kapabilitas pertukaran gear. Apabila sampai terjadi kebocoran, maka akan menimbulkan masalah yang cukup serius, Kebocoran cairan transmisi ini umumnya masalah yang mudah diidentifikasi. Normalnya, cairan mobil bertransmisi matic ini memiliki warna merah terang, bersih dengan sedikit aroma manis. Nah, untuk oli transmisi yang wajib segera diganti apabila warnanya gelap atau tercium bau bakar.

Perpindahan Gear Terkendala

Diagnosa awal seperti ini biasanya terjadi di penghubung tuas dan withdraw lever atau garpu kopling yang berfungsi untuk memindahkan gear. Bukan hanya mobil bertransmisi matic yang mengalami hal seperti ini, namun juga transmisi manual. Hal ini biasanya dikarenakan adanya komponen yang sudah aus sehingga harus segera diganti.

Terjadi  Sentakan Saat Mengoper Gigi

Coba perhatikan dengan baik ketika posisi transmisi P-N-D-R. Apakah kamu merasakan sentakan saat perpindahan posisi? Bila kamu merasakan ada sentakan maka ini salah satu gejala bahwa matic kamu sedang bermasalah. Hal ini biasanya terjadi karena adanya kerusakan solenoid, sensor speed TCM pressure.

Gigi yang Tidak Berpindah

Apabila kamu sedang menyetir dan melakukan oper gigi yang lebih besar, dan kmau merasakan mobil tetap merasa berat ketika sedang digas. Gigi yang tidak berpindah ini merupakan salah satu gejala mobil kamu sedang mengalami gejala kerusakan. Kerusakan untuk dampak yang seperti ini umumnya pada transmisi kabel lengan selector pada gearbox tutup. Sehingga tuas yang sudah kamu oper, namun giginya tidak berpindah.

Munculnya Suara Dengung dan Mobil Bergetar

Bila transmisi matic kamu kurang pelumas maka akan berdampak pada komponen-komponen di dalamnya menjadi saling bergesekan. Di kondisi seperti ini akan muncul suara degungan bunyi gesekan benda metal. Selain itu bila saat berkendara juga kamu mengalami mobil bergetar ketika pergantian gigi. Ini merupakan gejala indikasi telah terjadi kerusakan pada transmisi matic kamu. Untuk peristiwa seperti ini biasanya disebabkan oleh keadaan kampas dan plat sudah gosong.

Yuk, lebih peka dalam memahami ciri-ciri maupun gejala diatas untuk memastikan semua komponen mobil matic kamu berfungsi dengan baik dan mencegah terjadinya kerusakan yang parah. Nah untuk, perawatan lebih lanjut sebaiknya bawa ke bengkel secara berkala.

By Febiola

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *